Kamis, 15 Januari 2009

the meaning of panjang umur

salah seorang teman bercerita tentang kesibukanya yang akhir2 ini meningkat tajam.yah,maklumlah dia kini jadi pengusaha 'anyaran',jadi bos sandal."jamku gak karuan,kurang tidur,badan capek pol.","gak bisa tidur siang lagi,dari pagi buta ampek larut malem fokus ke sandal!!".hahaha..., trus ku tanya,emang enak apa kalo nganggur?.ya gak seh!, jawabnya.

semua juga tau kalo usia tuh ada batasnya,di usia berapakah kita akan berhenti.20,30,40,50,100,tak seorangpun mengetahui puncak harinya.yang pasti semua orang (hampir)pengen berumur panjang.tapi coba tanya:sepanjang berapa tahun?.beranikah atau adakah yang menjawab...?!

guru kita sering mengatakan bahwa menyambung silaturahmi dapat memperpanjang umur.tentu ini tidak bisa diartikan 'jatah hidup' kita ditambahi oleh yang Kuasa.lah trus bagaimana?. seorang yang banyak 'makan garam' kehidupan sangat berbeda hidup dan cara berpikirnya dengan orang yang hanya tidur2an ato hidupnya di abdikan didepan layar kaca.untuk apakah sisa hari hidup kita gunakan?.bekerja mati2an,shopping mati2an,kencan terus,berpetualang setiap hari,cari ilmu tiada henti,sibuk sms,gila infotainment,makan2,ngapalin komik,melototi sinetron,nyapu2 ngepel,dzikir panjang,shodaqoh siang malam,atau cuma tidur pagi siang sore malam (mati dong!).apapun aktifitas kita,itulah usia kita...

semisal dalam sebuah kejadian 2 orang mengerjakan kebaikan selama 1jam.si A bisa sholat,trus dzikir juga,lalu ia jalan2 menyapa tetangga2nya,mentraktir bocah2 dibelikan pentolnya kacung,baca2 koran sebentar dan diakhiri menservice sepeda motornya yang habis kebanjiran.sedangkan si B menghabiskan waktu untuk berdzikir dan mereparasi kipas anginnya yang rusak.nah,keduanya memiliki kegiatan yang positif.tapi kalo dibawa ke esensi dari panjang umur,manakah yang menurut kamu yang lebih banyak umurnya? si A ato si B?. waktu boleh sama,tapi manfaat waktu tetaplah beda.jadi kalo diambil rata2 si A dapat mengerjakan satu perkara dalam waktu 10  menit,sedangkan si B butuh 30 menit.nah,berapakah waktu yang dibutuhkan si B kalo dia ingin menyamai kegiatan si A?!! inilah yang aku maksud dengan panjang umur.

panjang umur yakni sebanyak apa kita dapat dapat berbuat,baik buruk apapun itu.banyak pengalaman,banyak ilmu,banyak teman,banyak aktifitas,banyak manfaat=panjang umur. walau usianya 100 tahun tapi kalo sedikit ilmu,sedikit pengalaman,sedikit teman,sedikit aktifitas banyak tidur=....??

kubilang juga sama temenku bahwa tidur itu sama juga artinya dengan mati atau mengurangi jatah hidup.tapi ya tidur dalam artian yang berlebihan.walau sebenarnya yang lebih banyak aktifitas adalah dia dan yang lebih banyak tidur adalah aku,hehe....

so,semoga panjang umur bagi yang baca blogku hari ini...!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar